oleh

Ini Link Download Aplikasi Perpanjang SIM Online Digital Korlantas Polri

Mitrapolisi.co.id/ JAKARTA- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meluncurkan aplikasi layanan perpanjang SIM online dengan nama “Digital Korlantas Polri”, Selasa 13 April 2021.

Melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan perpanjang SIM dari rumah menggunakan gadget masing-masing. Kedepannya aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pembuatan SIM baru.

Aplikasi ini sebelumnya dikenal dengan nama SINAR (SIM Nasional Presisi). Melalui peluncuran Aplikasi Digital Korlantas Polri, dijelaskan bahwa SINAR menjadi fitur atau menu yang tersedia di dalam aplikasi itu.

Aplikasi Digital Korlantas Polri sudah mendukung perangkat Android dan tersedia di Play Store, sedangkan untuk perangkat iPhone akan segera tersedia di App Store. Link download aplikasi SIM online Digital Korlantas Polri tersedia di akhir artikel.

Listyo mengatakan, terobosan terbaru Polri ini sangat penting untuk meminimalisir transaksi langsung antara kepolisian khususnya Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dengan masyarakat, sehingga potensi adanya pungutan liar (pungli) bisa dicegah.

“Ini juga menjadi penting terkait pelayanan kepolisian Polri khususnya lalu lintas sebagai etalase terdepan Polri yang ada di lapangan tentunya akan sering berinteraksi dengan masyarakat,” ujar Listyo saat peluncuran aplikasi SIM Online secara virtual melalui kanal Youtube NTMC Polri, Selasa 13 April 2021.

Melalui aplikasi Digital Korlantas Polri ini, menjadi pembuktian bahwa Polri mampu melakukan perubahan pelayanan yang selama ini dilakukan dengan mendatangi lokasi pelayanan seperti SIM keliling atau Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) di Polres.

Dalam aplikasi tersebut, masyarakat yang akan melakukan pembuatan atau perpanjang SIM diharuskan melakukan registrasi dengan mengisi nomor handphone, alamat email, NIK, nama lengkap, dan verifikasi wajah dengan teknologi biometric.

Setelah registrasi awal, maka masyarakat bisa memilih menu perpanjang SIM Online. Pemeriksaan kesehatan dan psikologi juga bisa dilakukan di dalam aplikasi.