oleh

PARIPURNA DPRD KOTA BANDUNG AGENDA PENGAMBILAN SUMPAH DAN JANJI CALON ANGGOTA DPRD 2019- 2024

Mitrapolisi.co.id. /Bandung-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandung  gelar sumpah dan janji  50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik,  setelah pengucapan sumpah dan janji di ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Bandung jalan Sukabumi no. 30 Bandung. Senin (5/8/19) .

Sambutan  ketua  sementara DPRD Kota Bandung Yadi Cahyadi mengatakan atas nama pimpinan sementara DPRD kota Bandung mengucapkan selamat hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 74 kita berharap agar momentum peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 74 ini kita jadikan sarana meningkatkan kinerja kontribusi membangun bangsa sebagaimana tema peringatan HUT ke 74 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 melalui surat edaran sekretaris negara yaitu dengan tema SDM unggul dan Indonesia maju dan  menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya khususnya kepada pimpinan dan jajaran pengurus DPD Partai Keadilan Sejahtera Kota Bandung juga kepada pimpinan serta jajaran pengurus DPC Partai Keadilan sejahtera  dan jajaran pengurus DPC partai Gerindra Kota Bandung yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mengemban amanat yang melaksanakan tugas masing-masing sebagai ketua dan wakil ketua sementara DPRD kota Bandung hasil pemilu 2019

Sementara  Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan sambutan yang dibacakan dan diwakili staf ahli bidang pemerintahan hukum dan politik Agus Hanafi mengatakan pihaknya berharap seluruh anggota dewan yang terpilih dapat mewakili suara rakyat dan memperjuangkan aspirasinya. “Saya berharap kita semua, terutama bapak ibu anggota DPRD dapat memaknai proses ini sebagai hal sakral karena rakyat sudah mewakilkan suaranya ke bapak ibu, bukan hanya diwakili tapi di perjuangkan juga aspirasinya.

Pada kesempatan tersebut ke 50 anggota  dewan terpilih mebacakan  sumpah jabatan yang di pandu oleh Ketua Pengadilan  Negeri kota Bandung. Pembacaan sumpah dan  janji jabatan ini didasarkan pada amanat pasal 106 UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dari 16 partai politik peserta Pemilu2019, sebanyak sembilan partai diketahui berhasil mendudukan wakilnya di kursi DPRD Kota Bandung, meliputi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 13 kursi; Gerindra 8 kursi, PDIP 7 kursi, Golkar 6 kursi, Nasdem 5 kursi, Demokrat 5 kursi, PSI 3 kursi, PKB 2 kursi, dan PPP 1 kursi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 30% anggota yang lolos merupakan wajah baru, termasuk PSI yang merupakan partai pendatang baru di DPRD Kota Bandung.

Ketua DPRD Kota Bandung  periode 2014 -2019, Isa Subagja dalam pidato terakhirnya mengatakan bahwa anggota DPRD kota Bandung selama menjabat dari 2014-2019 diwarnai beragam dinamika dalam menjalankan amanahnya. Anggota DPRD memiliki beragam  latar belakang dan partai politik yang berbeda sehingga menjadi tantangan untuk menjadikan DPRD sebagai institusi yang kredibel dan mampu menjalankan fungsinya bersama  pemerintah daerah, anggota DPRD masa jabatan 2014-2019  telah berupaya semaksimal mungkin mewujudkan berbagai kebijakan dan menyelesaikan berbagai persoalan sangat membutuhkan penanganan ekstra hati hati arif dan bijaksana, tidak hanya mengacu pada ketentuan normatif semata tetapi harus melalui pertimbangan etika , moral dan nurani yang matang. Isa mengatakan selama 5 tahun menjadi wakil rakyat sangat mungkin memiliki kekurangan, namun bersyukur bahwa pelaksanaan tri fungsi legislasi atau pembentukan peraturan daerah, fungsi pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan, serta fungsi anggaran telah berjalan lancar. Ujarnya.

Kepada rekan-rekan anggota DPRD kota Bandung masa jabatan tahun 2014-2019 yang secara resmi telah berakhir masa jabatannya,

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung , Yana Mulyana berharap anggota DPRD Kota Bandung bisa bersinergi menyukseskan sejumlah program prioritas pemerintah kota Bandung dan mewakili suara rakyat dan memperjuangkan aspirasinya, serta membutuhkan dukungan para anggota dewan di sejumlah progran prioritas. Diantaranya soal pengolahan sampah, drum pori dan infrastruktur.salah satunya pembangunan fly over, menurutnya agar hal tersebut tercapai dengan maksimal .maka komunikasi dan silaturahmi perlu terus ditingkatkan karena semua kuncinya adalah komunikasi  dan silaturahmi yang sudah berjalan baik, mudah-mudahan dengan hadirnya dewan baru dan semangat silaturahmi membangun Bandung  ini semakin baik.ujarnya.

Rapat Paripurna dihadiri  Ketua DPRD provinsi Jawa Barat Dr. Ineu purwadewi Sundari, Wakil walikota Bandung Yana Mulyana beserta Isteri Yuni Mariana Mulyana.para Bupati dan Walikota di wilayah priangan, unsur forum koordinasi pimpinan daerah kota Bandung, ketua dan wakil ketua sementara DPRD dan para anggota DPRD kota Bandung nasa jabatan 2019-2024 beserta pasangan, rekan mantan pimpinan dan para anggota DPRD kota Bandung masa jabatan 2014-2019beserta pasangannya, para rektor perguruan tinggi di kota Bandung, ketua KPU dan Bawaslu Kota Bandung.para sesepuh dan pinisepuh dan tokoh masyarakat kota Bandung, ahli dan staf ahli pemerintah kota Bandung, para pejabat dilingkungan TNI dan POLRI, para pejabat vertikal  perangkat daerah di lingkungan pemerintah kota Bandung, para pimpinan partai politik se kota Bandung, perwakilan unsur orsospol dan orsos marjinal kota Bandung dan rekan rekan dari  media massa.(Arm)*

News Feed