oleh

Sekda Iwa Apresiasi Gelaran Festival Pesona Lokal 2018

Mitrapolisi/
BANDUNG – Kementerian Pariwisata memiliki target sebesar 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 270 juta wisatawan dalam negeri per tahunnya. Demi mencapai target tersebut, Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan corporate social responsibility (CSR) dari iNews dan Adira Finance, menyelenggarakan Festival Pesona Lokal 2018 sebagai bentuk mempromosikan kearifan lokal melalui Lomba Karnaval Budaya, Lomba Mural, Kreasi Masakan Daerah, Pasar Rakyat (Otomotif, Produk UMKM, Kuliner) dan penghargaan UMKM Terbaik. 
Animo masyarakat Jawa Barat, khususnya Bandung Raya, akan gelaran Festival Pesona Lokal ini sangat tinggi. Terbukti dengan banyaknya peserta festival yang mencapai 5.000 orang, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum. Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengaku bangga dan sangat mengapresiasi pelaksanaan festival ini. 
“Festival Pesona Lokal yang diselenggarakan pada kesempatan ini tentunya merupakan salah satu bukti nyata kontribusi iNews dan Adira dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya bangsa. Untuk itu saya selaku pribadi dan atas nama Pemerintah provinsi Jawa Barat menyambut baik penyelenggaraan Festival Budaya Lokal ini, dan sudah selayaknyalah saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menginisiasi acara ini,” kata Iwa saat memberikan sambutan acara Festival Budaya Lokal 2018 di Halaman Gedung Sate Bandung. Minggu (02/09/2018). 
“Tentunya menjadi harapan bersama seluruh rangkaian acara ini dapat berjalan lancar, tertib, sukses serta mampu mendatangkan manfaat bagi kita semua, khususnya dalam rangka pelestarian dan pengembangan seni dan budaya bangsa Indonesia,” ujarnya. 
Festival ini dimulai dengan parade karnaval budaya yang menampilkan berbagai kearifan lokal asal Jawa Barat yang meliputi pakaian adat, berbagai tari dan musik tradisional, serta seni pertunjukkan khas Jabar seperti Sisinggaan, Kuda Renggong, Babarongan, Debus dan lainnya. Ada pula Lomba Mural dengan tema Pesona Kotaku dan Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah dengan tema Seblak yang turut memeriahkan Festival Pesona Lokal di Bandung. 
Selain perlombaan berhadiah total ratusan juta rupiah, pada festival ini juga akan diberikan penghargaan bagi tiga UMKM terbaik dengan hadiah berupa uang tunai jutaan rupiah. Disini, para pengunjung dapat menikmati pasar rakyat yang diikuti oleh stan dari para sponsor, 16 UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner sampai kerajinan khas Jawa Barat yang inovatif dan kreatif, serta pilihan makanan dari delapan food truck. Tak lupa penampilan bintang tamu penyanyi dangdut kondang Zaskia Gothik paling ditunggu pengunjung. 
Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli, sebagai perwakilan dari pihak penyelenggara menghaturkan terima kasih atas sambutan hangat masyarakat akan festival ini. Ia berharap kesuksesan yang sama akan terjadi pada pelaksanaan festival selanjutnya. Hafid juga inginkan acara Festival Pesona Lokal ini dapat menjadi agenda tahunan pariwisata domestik, sekaligus menjadi sarana penambah wawasan masyarakat akan budaya lokal di Indonesia. 
“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Jawa Barat khususnya Kota Bandung atas sambutan hangat dan partisipasinya pada kegiatan hari ini. Semoga kegembiraan dan keseruan yang ditunjukan masyarakat Bandung juga terjadi di kota-kota selanjutnya, tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat dan para sponsor yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Festival Pesona Lokal secara baik, aman dan tertib,” ungkap Hafid. 
“Semoga kegiatan Festival Pesona Lokal Bandung siang hari ini dapat menjadi sebuah acara tahunan yang ikonik di Jawa Barat yang dapat menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kami harap acara ini berkesan baik bagi pengunjung maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan. Dengan adanya Festival Pesona Lokal diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahnya dan juga berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya,” harapnya. 
Festival Budaya Lokal 2018 direncakan akan digelar di 8 kota besar lainnya, yaitu De Tjolomadoe Karanganyar pada 9 September 2018, Lapangan Renon Bali pada 23 September 2018, Lapangan Hasanudin Makassar pada 7 Oktober 2018, Lapangan Rampal Malang pada 14 Oktober 2018, Taman Alun-alun Kapuas Pontianak juga pada 14 Oktober 2018, Lapangan Merdeka Medan pada 21 Oktober 2018, Benteng Kuto Besak Palembang pada 4 November 2018, serta puncaknya di TBC Jakarta pada 11 November 2018 mendatang.

News Feed