oleh

Sekda Jabar Iwa Karniwa Canangkan Gelar Kolosal Kawih Asuh Barudak

mitrapolisi.co.id/

BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mencanangkan Gelar Kolosal Kawih Asuh Barudak yang diikuti sekitar 1.000 pelajar di halaman depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (30/3/19).

 
Gelar Kolosal Kawih Asuh Barudak merupakan perlombaan kawih Sunda karya cipta Ubun R. Kubarsah bagi anak-anak untuk menanamkan kecintaan generasi muda pada seni tradisional Sunda.
 
Gelar Kolosal ini diselenggarakan Pemprov Jabar yang bekerja sama dengan Paguyuban Pasundan, Angkatan Muda Siliwangi (AMS) dan Daya Mahasiswa Sunda (Damas), serta masyarakat pelestari seni tradisional.
 
Ubun R. Kubarsah adalah seorang budayawan Sunda yang telah menerima penghargaan nasional berupa Anugerah Komponis Indonesia 2018 dari Perpustakaan Nasional RI sebagai Komponis Pelestari Musik Tradisi Sunda. Selain itu Ubun pernah mendapat penghargaan internasional dari Standard Music Number (ISMN), sebuah komunitas kesenian yang berbasis di Berlin, Jerman.
 
Menurut Iwa, Jawa Barat adalah provinsi pelopor di Indonesia yang berhasil menciptakan lagu anak-anak berbahasa daerah. Diketahui tema yang diangkat para pencipta lagu anak Sunda ternyata mengandung 18 kriteria pendidikan karakter nasional. Pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal sejak usia dini, katanya, penting untuk dikembangkan.

News Feed