oleh

Gelar Ekspedisi angkatan XX tahun 2019 UNIT SAR 0905 Gerakan Prammuka Kwarcab Garut.

Mitrapolisi.co.id/

Kegiatan Ekspedisi angkatan XX Unit SAR 0905 Gerakan Pramuka Kwarcab Garut tujuh belas di Situ Lembang, sejak tanggal 11-  16 Juni 2019. Ekspedisi tersebut merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap calon anggota untuk memenuhi syarat menjadi anggota atau mendapatkan Nomor Register Anggota (NRA).
Ekspedisi angkatan XX Unit SAR 0905 Gerakan Pramuka Kwarcab Garut ini diikuti oleh 30 Orang.dengan lokasi expedisi Gunung Guntur Garut.
“Untuk expedisi ini jumlah pesertanya 30 orang, mereka yang mengikuti kegiatan ini mereka yang telah mengikuti tahapan2 dari mulai pendaftaran, samapta, diklat selama 1 minggu baik materi di kelas maupun di lapangan dan ditutup dengan kegiatan expedisi” ucap Ade  Yusuf S.Pd.I selaku ketua Unit SAR 0905 (11/6/2019).
Dia juga mengatakan, untuk ekspedisi ini juga bertujuan untuk melatih kecakapan navigasi darat, campcraft, survival dan ilmu alam lainnya yang wajib diaplikasikan oleh calon peserta agar ketika ada kondisi darurat, sanggup menguasai medan alam bebas sesungguhnya di lapangan.
“Titik awal pemberangkatan di sekretariat Gerakan Kwartir Cabang Garut jl. Kiansantang peserta jalan kaki naik ke Gunung Guntur Garut ” ucap Soni Permana Furkon S.Ip selaku Waka Kebencanaan mewakili Ketua Kwartir Cabang Garut setelah melepas peserta.
“Kegiatan ini sebagai acara rutinitas yang masuk dalam program kerja Unit SAR itu sendiri setelah para calon ini peserta dididik dan dibimbing, dengan kegiatan expedisi ini para calon mempraktekan semua materi yang telah mereka dapat selama diklat” ucap soni.
Di lapangan, tambah dia, peserta akan dibagi menjadi dua  Search Rescue Unit (SRU). Masing-masing kelompok akan diberi titik kordinat dan target masing-masing dengan medan yang berbeda-beda.
Lebih lanjut dia mengatakan, peserta diharapkan bisa lebih menyempurnakan semua ilmu di alam bebas agar tetap bisa bertahan hidup apapun kondisinya dan selalu menemukan cara dalam keadaan darurat dengan cepat dan tepat, dimana nantinya  akan sangat mendukung dan selaras dengan tugas dan fungsi gerakan pramuka itu sendiri dan tidak menutup kemungkinan juga diturunkan dalam pelaksanaan operasi SAR sesuai dengan kualifikasi yang ada. Ungkapnya. (arm)