Ridwan Kamil Beri Kadeudeuh Atlet SEA Games dan Para Game

Mitrapolisi.co.id / BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan bonus atau _kadeudeuh_ bagi atlet, pelatih, dan ofisial Jabar yang meraih prestasi di ajang SEA Games Vietnam 2021 dan Para Games Solo 2022.

Total _kadeudeuh_ yang diberikan sebesar Rp18,905 miliar termasuk pajak. Masing-masing untuk SEA Games 112 atlet dan 26 pelatih dengan total uang Rp8,375 miliar. Untuk Asean Para Games 66 atlet, tiga pelatih dengan total uang Rp8,998 miliar.

“Rp18,5 miliar kami bagikan, cair lusa, tolong dimonitor. Dari simbolis tadi ada yang dapat Rp170 juta, ada yang Rp400 juta. Luar biasa, alhamdulillah. Apalagi dibagikan di momentum jelang Lebaran,” ujar Ridwan Kamil di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Selasa (11/4/2023).

Gubernur berpesan agar pembinaan atlet Jabar terus dipertahankan. Sebagai provinsi yang telah dua kali beruntun juara umum PON, Gubernur menargetkan _hattrick_ juara umum.

“Jabar sudah punya citra pembinaan olah raga terbaik, harus terus ditingkatkan,” ungkap Ridwan Kamil.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar Asep Sukmana mengatakan, _kadeudeuh_ yang diberikan kepada para atlet dan palatih ini sebagai bentuk apresiasi Pemdaprov Jabar terhadap mereka para atlet yang telah mengharumkan nama Jawa Barat dan Indonesia di kancah internasional.

Adapun jumlah medali yang diraih para atlet Jabar di ajang SEA Games Vietnam, masing-masing 28 emas, 30 perak, 23 perunggu.

“Kekuatan Jabar masih 30 persen untuk nasional. Mudah-mudahan nanti di bulan Mei, SEA Games di Kamboja dan juga Asean Para Games kita masih berprestasi,” tuturnya.

Sementara itu, KONI mengapresiasi _kadeudeuh_ dari Pemdaprov Jabar. Di tengah banyak kebutuhan dari APBD, kesejahteraan atlet masih dinomorsatukan.

“Ini momentum bagi Pemdaprov Jabar dan atlet berprestasi di SEA Games tempo hari di Vietnam. Sudah harus mendapatkan haknya dalam bentuk bonus,” ujar Ketua KONI Jabar Budiana.

Menurut Budiana tanpa menyebutkan nilai, _kadeudeuh_ yang diberikan Gubernur bagi para atlet SEA Games kali ini lebih besar dari sebelumnya.

“Kalau enggak salah lebih besar (nilainya). Tapi relatif, Pemdaprov memberikan _kadedeuh_ besar kecilnya tergantung APBD. Kita harus bijak juga,” ujarnya.

“Tapi yang paling penting perhatian Pemdaprov yang luar biasa,” tambah Budiana.

*Hadiah buat Orang Tua*
Nurmeni (30) atlet cabor dayung asal Kota Bekasi mengapresiasi _kadeudeuh_ yang telah diberikan kepada para atlet yang berprestasi di SEA Games Vietnam 2021.

“Saya panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas apresiasi dari Bapak Gubernur Jawa Barat. Semoga ke depannya Jabar bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi untuk SEA Games nanti, atlet Jabar bisa meraih emas sebanyak-banyaknya,” ucapnya.

Nurmeni di ajang SEA Games Vietnam 2021 berhasil menyabet satu emas dan tiga perak, dari nomor beregu, kano, dan dobel kano jarak 500 meter.

“Dari hasil medali itu, saya dapat _kadeudeuh_ Rp202 juta. Insyaallah dikasih ke orang tua,” katanya.

Hal yang sama juga dikemukakan Eki Febri (31) peraih medali emas cabor atletik nomor tolak peluru. “Apresiasi ini untuk bisa memberikan motivasi para atlet ke depannya untuk bisa berprestasi lagi,” pungkas Eki.